Sabtu, 26 September 2009

Jaringan Komputer

Pengertian
Kumpulan dari beberapa komputer yang dihubungkan satu dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi/media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program, dan penggunaan bersama perangkat keras.
Keuntungan Jarringan Komputer
1. Penggunaan bersama (share) peralatan, data, program dan informasi
2. Sebagai slah satu media komunkasi tanpa pulsa.
3. Sistem informasi yang terintegrasi.

Jenis-jenis jaringan komputer
Berdasarkan Luas Area
1. Local Area Network (LAN)
LAN (Local Area Network) adalah bentuk jaringan komputer local yang luas areanya sangat terbatas. Biasanya diterapkan untuk jaringan komputer rumahan, lab komputer di sekolah dan dimana masing-masing komputer dapat saling berinteraksi, bertukar data, dan dapat menggunakan peralatan bersama seperti printer.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Merupakan Jaringan komputer dengan skala lebih besar dari LAN, dapat berupa jaringan komputer antar kantor/perusahaan yang jaraknya berdekatan. MAN terdiri dari beberapa LAN yang saling terhubung.
Media yang digunakan antar gedung biasanya wireless atau kabel serat optik.
3. Wide Area Network (WAN)
WAN (Wide Area Network) adalah bentuk jaringan komputer yang skalanya besar, berupa jaringan komputer antar kota, pulau, Negara, bahkan benua. Wan berupa kumpulan dari LAN dan MAN yang saling terintegrasi. WAN biasanya menggunakan media internet. Dengan WAN, pertukaran data dan komunikasi antar pengguna lebih cepat tepat dan murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar